social networking

Standar

Di masa sekarang ini bukan hal yang aneh jika mencari teman di dunia maya terutama melalui jejaring sosial. Saya sendiri mempunyai beberapa akun di jejaring sosial dari yang udah ga ngetren sampe yang paling update.

1. Friendster
Saya mempunyai akun di Friendster dengan nama “andre rijay”. Akun ini saya buat pada bulan desember tahun 2005 dan merupakan jejaring sosial pertama yang saya miliki. Saya membuat akun ini karena tertarik setelah membaca ulasan tentang friendster di majalah GFresh! Karena masih awam dalam menggunakan jejaring sosial, saya sempat lupa me-log-out akun saya dan profil saya diiubah oleh orang iseng.
Di friendster saya berteman dengan siapa saja, baik orang yang saya kenal di dunia nyata ataupun orang yang tidak saya kenal sama sekali. Di friendster pun saya pernah flirting dengan beberapa orang dan mendapat tanggapan, bahkan sampai bertukar nomor ponsel dan saling sms-an. Karena waktu itu saya masih lugu dan belum mengenal cyber crime, saya sembarangan saja berkenalan dengan orang-orang yang pada akhirnya saya tertipu. T.T
Namun berawal dari friendster pula saya menjalin hubungan dengan orang yang saya cintai *tiba2 menyemenye*
Sekarang saya jarang membuka akun friendster saya karena sudah dianggap ketinggalan jaman dan membosankan.

2. Facebook
Saya membuat akun di facebook sekitar bulan oktober 2008 sembari masih aktif di friendster. Saya membuat akun ini (lagi2) karena penasaran. Masa itu kata-kata “facebook” sering dikumandangkan di berbagai media baik majalah, TV maupun radio. Karena penasaran saya pun mencari tahu dan segera membuat akun fb bersamaan dengan membuat akun gmail.
Di facebook saya menggunakan nama asli saya “Andreas Teguh Trijaya”. Waktu itu menurut saya facebook terkesan lebih resmi daripada friendster sehingga saya rasa lebih baik menggunakan nama sebenarnya. (Namun akhir-akhir ini memang dianjurkan memakai nama asli, karena jika menggunakan nama aneh-aneh bisa dianggap 4L4Y).
Belajar dari pengalaman menggunakan FS yang asal menerima siapapun sebagai teman, di FB saya hanya selektif menerima dan mengundang teman. Saat ini 80% dari sekitar 600 friendlist saya kenal. Selebihnya adalah temannya teman ataupun orang baru yang ingin saya kenal. Meskipun banyak yang mengundang saya untuk menjadi teman, saya tidak memasukkannya ke dalam list saya.
Akhir-akhir ini saya sudah jarang update status di FB meskipun saat ini lebih mudah untuk melakukannya melalui ponsel atau BlackBerry. Saya lebih sering sekedar mengomentari status teman saya ataupun mengobrol melalui fitur message karena lebih bersifat probadi dan kita dapat mengobrol secara conference

3. Twitter
Ini jejaring sosial paling baru dan masih banyak digunakan saat ini. Bahkan Indonesia dikatakan sebagai pengguna twitter terbanyak nomor tiga setelah US dan Jepang. Saya pertama kali nge-twit pada tanggal 23 april 2009. Saya membuat akun ini karena konon banyak artis-artis dunia yang menggunakannya, bahkan saya membaca di salah satu situs berita bahwa Ashton Kutcher dan Oprah Winfrey bersaing mencapai 1 juta followers kala itu yang akhirnya dimenangkan oleh Kutcher.
Pada saat pertama kali membuat akun twitter, saya bingung bagaimana cara menggunakannya dan sistem jejaringnya sehingga saya sempat mendiamkan akun ini selama beberapa bulan. Setelah beberapa lama banyak yang menggunakan twitter saya pun kembali mengutak-atiknya dan semenjak menggunakan nokia E63, saya semakin sering nge-twit baik melalui mobile web ataupun aplikasi Snaptu.
Saat ini saya lebih sering mengakses twitter melalui aplikasi UberTwiter karena lebih mudah, praktis dan cepat. Saya pun lebih selektif dalam menentukan siapa saja orang-orang yang saya follow. Selain teman-teman yang memang saya kenal, saya lebih suka following akun twitter yang informatif, inspiratif dan menghibur.
Oh ya, di akun twitter ini saya menggunakan nama “andreygbaikhati”. Saya memilih nama itu karena “baik hati” merupakan perwujudan dari inner beauty. Selain itu karena memang saya orangnya baik hati 😀

Meskipun masih ada jejaring sosial yang lain seperti myspace dan PLURK, saya tidak latah dalam membuat akun, karena memang sebaiknya disesuaikan dengan jejaring sosial yang digunakan oleh komunitas kita 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s