31 Desember

Standar

Hari ini tanggal 31 Desember 2011. Seperti biasa, di hari terakhir setiap akhir tahun, pasti akan ada persiapan untuk merayakan pergantian tahun.

Kembang api, pesta barbeque, terompet, pesta pora, refleksi diri, doa pribadi dan ibadah keluarga adalah beberapa cara yang dipilih untuk menyambut tahun baru. Dan sebelumnya, dipastikan banyak resolusi tahun baru yang dibuat. Mengenai apa saja yang ingin kita capai di tahun berikutnya.

Di hari terakhir tahun 2011 ini, saya sempat membuat SKI atau sasaran kerja individu tahun 2011. Jadi ceritanya, di kantor saya tiap tahun ada penilaian, yang pertama kali didasarkan pada sasaran kerja selama setahun. Setiap karyawan diwajibkan untuk membuat daftar tentang apa saja yang ingin dicapai dalam waktu setahun. Tak hanya itu saja, sasaran kerja juga harus disertai dengan target waktu dan cara untuk mencapai tujuan tersebut.

Kedengarannya memang simpel. Tapi dari situ saya belajar, bahwa resolusi hanyalah sekedar impian kosong jika tidak disertai dengan target yang jelas. Dan tak kalah penting, bagaimana cara kita untuk dapat mencapainya.

Misalnya resolusi tahun 2012 adalah memiliki badan six pack. Target pencapaian Juni 2012. Caranya rajin fitnes 3 kali seminggu, ganti nasi putih dengan nasi merah, sarapan oatmeal, minum susu protein setiap hari, dan sebagainya.

Resolusi kosong seperti “punya banyak uang”, “membahagiakan orang tua”, “bekerja dengan lebih baik” memang kedengarannya bagus. Apalagi jika cara mencapainya hanya dengan dijalani saja. Buat apa capek-capek bikin resolusi.

Untuk mencapai sebuah tujuan, kita harus tau caranya. Kita harus mengerti jalan mana saja yang harus kita lewati. Ibarat mencari alamat, jika kita tahu arah dan tujuan, kita dapat mencapainya dengan lebih efisien. Tapi jika tidak tahu arah dan hanya berputar-putar saja, bisa-bisa kita kehabisa waktu dan pada akhirnya tidak pernah mencapai tujuan.

Sebagai manusia, kita memang hanya bisa berdoa dan berusaha. Selebihnya, itu kehendak Tuhan untuk memberikan segala sesuatu yang dipandangNya baik bagi kita.

Selamat tahun baru 2012. Tuhan memberkati dan menyinari engkau dengan wajahNya. Tuhan memberikan kasih karunia dan damai sejahtera di sepanjang tahun 2012.

——————————

“Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.” (Mazmur 90:12).

🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s