SMARTphone with STUPID provider

Standar

Di zaman modern ini, smartphone atau ponsel pintar bukanlah bearang yang sulit ditemui. Di kota besar seperti Jakarta, hampir semua orang kantoran menggunakan smartphone. Saat ini terdapat beberapa OS (Operating System) yang dibenamkan dalam ponsel pintar tersebut, seperti Symbian, BlackBerry OS, iOS, Windows Phone dan yang sedang ngetren Android.

Tidak seperti 10 tahun yang lalu ketika ponsel hanya digunakan untuk bertelepon dan ber-sms, saat ini ponsel juga dapat digunakan untuk kegiatan seperti chatting, browsing, video call, emailing dan social networking. Untuk mendukung semua kegiatan tersebut, tetntu saja dibutuhkan koneksi internet yang kuat dan cepat. Namun sayangnya penyedia layanan di Indonesia sepertinya belum ada yang dapat memberikan layanan internet yang murah dan cepat dengan sinyal yang kuat dan stabil.

Saya sendiri menggunakan smartphone BlackBerry Curve 8900 atau sering disebut Javelin. dan seperti ponsel pintar lainnya, BlackBerry saya pun membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk menjalankan aplikasinya. Aplikasi yang paling sering saya gunakan antara lain BBM, Yahoo! Messenger, Browser, OperaMini, UberSocial, Facebook, Email, WordPress dan GoogleMaps. Semua aplikasi tersebut membutuhkan jaringan internet yang stabil.

Meskipun saya menggunakan smartphone, seringkali saya merasa kesal karena labilnya jaringan internet dari penyedia layanan. Padahal saya menggunakan jasa provider besar yang sering mempromosikan kecepatan jaringan internetnya. Misalnya beberapa hari belakangan ini, tiba-tiba saya tidak dapat mengakses internet dari semua aplikasi yang saya gunakan, dan hal tersebut terjadi pada siang dan malam hari. Saya memakai layanan BIS selama 30 hari yang artinya saya dapat menggunakan layanan unlimited selama 24  jam dalam 30 hari. Namun pada kenyataanya, seringkali jaringan internet tidak dapat diakses pada jam-jam tertentu.

Puncaknya pada tanggal 10 April 2011 lalu. Pada siang hari sejak pukul 12 hingga 4 sore saya tidak dapat mengakses internet sama sekali. Dan pada malam hari pukul 9 hingga 12 malam, jaringan internet sulit diakses. Namun jika dilihat dari halaman muka ponsel, tidak ada masalah dengan kekuatan sinyal.

ada sinyal tapi ga bisa akses internet

Pada waktu itu, saya sama sekali tidak bisa mengakses internet dengan semua aplikasi.

bbm pending terus

ga bisa browsing

YM mendadak mati

kalo nyoba sign-in lagi, hasilnya begini

ga bisa ngetwit dan twitter nge freeze selama 3jam

facebook juga ga bisa refresh

Contoh-contoh di atas adalah aplikasi sehari-hari yang tidak dapat diakses. Bayangkan jika saat itu saya sedang tersesat dan tidak dapat mengakses GoogleMaps, pasti saya akan tambah kesal. Atau bayangkan jika saya sedang menunggu email penting dan tak kunjung datang karena akses internet lemah.

Sebagai konsumen tentu saya berhak mendapat fasilitas sesuai dengan nominal yang saya bayarkan. Namun apa mau dikata, memang layanan internet di Indonesia belum ada yang stabil. Saya hanya bisa bersabar hingga suatu saat nanti jaringan internet yang kuat dan stabil dapat saya nikmati.

Semoga saja hal tersebut segera menjadi kenyataan dan tidak ada lagi kekecewaan karena labilnya jaringan internet.

 

🙂

2 responses »

  1. seperti itu ya?
    Terus terang saya sendiri belum menggunakan BB. Tidak hanya BB yang mengalami kejadian di atas. Saya sendiri dgn hp yang alakadarnya kadang2 juga mengalami hal tersebut… seperti chatting yang suka diskonek… Semoga akan ada peningkatan kualitas dari provider…

  2. ganti kartu saja dengan provider yang tidak banyak orang yang menggunakan. kalau melihat jumlah pengguna di jam-jam tertentu yang sangat banyak, wajarlah hal-hal seperti koneksi macet itu terjadi.
    yah tapi harapan agar jaringan internet semakin stabil perlu diperhatikan juga 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s