Menuju Puncak

Standar

Pada tahun 2003, Indonesia sempat diramaikan dengan kehadiran suatu ajang pencarian bakat di salah satu stasiun TV swasta. Program tersebut bernama AFI. Pada saat itu hampir semua orang membicarakannya, bahkan tak sedikit yang ngefans habis-habisan dan merelakan sebagian pulsanya untuk mendukung salah satu peserta agar tak tereliminasi. Saya sendiri mengikuti acara tersebut. Mulai dari diary AFI sampai konser AFI. Tak dapat dipungkiri bahwa program tersebut memang menarik, apalagi AFI merupakan ajang pencarian bakat menyanyi pertama di Indonesia yang disiarkan di seluruh Nusantara.

Sebagai penggemar AFI (dulu tentunya, sekarang udah nggak), sudah pasti saya hapal lagu “Menuju Puncak” yang merupakan theme song dari acara tersebut. Bahkan saya sering mengikuti gerakan para akademia saat menyanyikan lagu tersebut. Menurut saya, lagu “Menuju Puncak” memang sarat akan semangat anak muda dalam meraih impian dan cita-cita walaupun harus melewati jalan yang berliku. *halah*

Menurut saya, sifat lirik lagu sama seperti puisi yaitu multi tafsir. Jadi penafsiran suatu lirik lagu atau puisi bisa berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain. Dan menurut penafsiran saya, inilah maksud dari tiap lirik “Menuju Puncak”

Bukan mudah meniti langkah ke angkasa
Kita sering mendangar ungkapan “gantungkan cita-citamu setinggi langit”. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mempunyai cita-cita. Jika tanpa cita-cita dan keinginan, apa yang akan kita gantung di langit? Setinggi langit berarti tak ada batasan untuk mimpi kita. Karena itu bermimpilah yang besar! Jangan pernah takut bermimipi karena banyak hal besar di dunia ini berawal dari imajinasi. Selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menangkap cita-cita yang sudah kita gantungkan tinggi-tinggi. Dan hal tersebut tentu bukanlah hal yang mudah.

bukan mudah mengubah mimpi jadi asa pasti
Dari hanya sekedar cita-cita, kita harus berusaha menjadikannya sebagai harapan pasti, bukan hanya harapan semu. Misalnya saja ketika kita kecil bercita-cita menjadi dokter. Ketika beranjak dewasa tentu dia harus memilih sekolah yang baik, mungkin saja mengambil jurusan IPA di sekolah dan harus mengikuti ujian yang sulit untuk dapat masuk ke perguruan tinggi. Meskipun hanya sedikit demi sedikit dan tampak berjalan lambat, namun secara pasti ia mendekati cita-citanya.

bukan mudah menggapai bintang yang berkilauan
Bintang disini berarti cita-cita dan mimpi kita. Bukan cita-cita yang biasa, namun cita-cita yang berkilauan. Jika kita bermimpi menjadi pengusaha, bermimpilah menjadi pengusaha yang sukses dan mendapat laba yang besar. Jika ingin menjadi penulis, bermimpilah menjadi penulis dengan buku best seller dan dapat hidup berkelimpahan dari menulis. Jika bercita-cita jadi wartawan, jadilah wartawan yang luar biasa dan bekerja di kantor berita besar seperti CNN atau VOA. Berkilauan berarti kita berbeda dari orang kebanyakan dan menjadi pusat perhatian karena kiluaan kita.

bukan mudah jalanan ini untuk diarungi
Perjalanan meraih mimpi tentu bukanlah hal yang mudah. Untuk menjadi seorang dokter, seseorang harus mengikuti ujian masuk, kuliah dalam waktu yang lama dan tidak mudah, menjalani proses CoAs bahkan harus rela ditempatkan di desa terpencil terlebih dahulu. Seorang penyanyi yang sukses sebelumnya harus latihan bertahun-tahun, pantang makan ini-itu, rela dibayar murah untuk promosi hingga akhirnya dapat meraih sukses. Menjalani proses meraih mimpi memang sulit, penuh hambatan dan tantangan. Namun jika kita dapat melewati semua itu, suatu saat kita akan memetik buah yang manis dari hasil jerih payah kita.

apapun jua bisa terbukti andai langkahmu tidak terhenti
Semua impian kita dapat terwujud jika kita terus melangkah walupun banyak halangan dan tantangan. Banyak hal yang dapat menghentikan langkah kita, baik dari luar maupun dari dalam diri kita. Jika di program AFI, ketika peserta mendapat jumlah sms paling sedikit, otomatis dia akan tereliminasi dan tidak dapat melanjutkan kontes tersebut. Sedikitnya sms yang diterima bisa saja karena kemampuan menyanyinya kurang baik ataupun kelakuan sehari-harinya yang buruk. Kemampuan menyanyi yang kurang baik mungkin saja disebabkan karena malas latihan. Jadi bisa saja pengaruh dari luar dan dari dalam itu saling berkaitan. Jika seorang pengusaha malas berpromosi dan tidak melayani dengan baik, tentu saja mustahil ia dapat menjadi pengusaha sukses. Mari lihat dalam diri kita, faktor apa saja yang dapat menghentikan langkah kita? Mungkin saja selama ini kita malas.

menuju puncak gemilang cahaya mengukir cita seindah asa
Perjalanan meraih cita-cita akan lebih menyenangkan jika kita selalu bersyukur dan tersenyum. Kita pun harus percaya dan yakin bahwa suatu hari nanti impian kita dapat terwujud. Jika bukan kita sendiri yang meyakini mimpi kita, maka siapa lagi? Kita harus yakin bahwa masa depan kita cerah dan kemenangan yang gilang gemilang sudah menunggu di hadapan kita.

menuju puncak impian di hati bersatu janji kawan sejati
Kita harus membagi dan memperkatakan apapun impian kita kepada orang lain. Karena dengan demikian, secara tidak langsung kita mendapat bantuan orang lain untuk meyakini mimpi kita. Seperti agnes monica yang selalu membagi dan memperkatakan mimpinya untuk go internasional, sekarang mimpinya bukan sekedar mimpi. Sedikit demi sedikit mimpinya menjadi kenyataan. Kita pun harus mempunyai sahabat-sahabat yang akan menyemangati kita ketika kita down. Ada kalanya kita merasa keadaan sekarang begitu jauh dari impian kita dan kita putus asa. Saat itulah kita membutuhkan sahabat kita untuk memberi semangat dan meyakinkan kita kembali. Kita pun wajib membangkitkan semangat sahabat kita pada saat mereka merasa putus harapan.

pasti berjaya di akademi fantasi
Konteks lagu ini memang untuk program AFI. Namun menurut saya, dimanapun kita saat ini ditempatkan, itu merupakan sebuah proses yang berharga dalam meraih inpian kita. Dimanapun dan apapun yang sedang kita kerjakan, percayalah bahwa kita akan berjaya. Kita pasti berhasil karena kita diciptakan untuk berhasil, bukan gagal. Kita diciptakan untuk menjadi kepala dan bukan ekor. Mungkin saat ini seseorang masih bekerja sebagai akuntan di sebuah hotel, padahal cita-citanya menjadi seorang pengusaha. Namun bisa saja disana ia mulai membangun jaringan sehingga ketika cita-cita itu terwujud, ia sudah mempunyai jaringan bisnis. Atau mungkin saja ada orang yang bercita-cita menjadi aktor terkenal, namun saat ini masih menjadi figuran. Dengan latihan, kerja keras dan membangun jaringan, ia pasti berhasil meraih impiannya.

Satu hal yang pasti, pertama kita harus mempunyai cita-cita dan impian. Karena tanpa impian, hidup bagaikan sayur tanpa garam. Seperti kata mbak Agnes: “dream, believe and make it happen”

🙂

-andreygbaikhati-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s