ahmadiyah

Standar

Sejak tadi siang, timeline di twitter saya ramai membicarakan tentang “penyerbuan” ormas agama ke tempat tinggal ahmadiyah di di Kampung Peundeuy, Desa Umbulan, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang. Tadinya saya tidak mau berkomentar karena ini menyangkut SARA dan memang kedua pihak yang bertikai tidak ada sangkut pautnya dengan keyakinan yang saya anut. Namun saya merasa tergelitik ketika membaca salah satu twit yang tertulis demikian:
@rezagunawan: “Diam itu emas” tdk selalu tepat. Buat saya pribadi, diam tak beropini krn topik agama itu SARA, justru menyirami kekerasan beragama

Timeline twitter saya berisi berbagai macam opini tentang kejadian ini. Ada yang memaki-maki ormas yang melakukan penyerbuan. Sebagian bertanya-tanya tentang pihak kepolisian yang seolah-olah malah membiarkan aksi tersebut. Banyak juga yang sudah menebak reaksi presiden tentang kejadian ini.

Saya sadar bahwa saya tidak berkompeten untuk mengatur apa yang sebaiknya dilakukan atau tidak dilakukan pemimpin negara ini. Saya juga tidak ingin memaki atau bahkan mengutuk pihak-pihak yang menyerbu warga ahmadiyah.

Kekerasan terhadap warga Ahmadiyah sebenarnya bukanlah hal baru. Hal ini sebenarnya dipicu oleh sebagian umat Islam yang tidak terima jika warga Ahmadiyah menyebut dirinya Muslim. Pada dasarnya memang ada perbedaan antara ajaran Islam yang sesungguhnya dengan ajaran ahmadiyah

Saya tidak akan membahas perbedaan ajaran tersebut. Saya hanya ingin membagikan bahwa dalam setiap keyakinan, pasti ada perbedaan pendapat tentang kebenaran, bahkan sampai dianggap sesat.

Saya adalah orang Kristen. Dalam ajaran agama Kristen, Yesus adalah Allah sejati dan Manusia sejati. Ia adalah jalan satu-satunya untuk kita dapat memperoleh kekekalan bersamaNya. Umat Kristen percaya bahwa Yesus adalah Allah yang turun ke bumi, ke dunia manusia yang fana dan penuh kedagingan untuk menebus umat manusia dari dosa.
Kami yang meyakini hal tersebut menyebut diri kami sebagi orang Kristen yang artinya pengikut Kristus. Namun ada juga keyakinan yang menganggap bahwa Yesus bukanlah Allah. Keyakinan tersebut mengajarkan bahwa Yesus hanyalah malaikat tertinggi ataupun manusia sakti. Dan orang-orang yang mengimaninya juga menyebut dirinya Kristen. Dan kami umat Kristen menganggap mereka adalah ajaran sesat.
Namun bukan berarti umat Kristen menyerbu, mengusir atau bahkan membunuh orang-orang yang dianggap sesat. Kami hanya memperkuat iman kepercayaan kami sendiri, agar ketika ada pihak yang ingin mendoktrinasi kami dengan ajaran sesat, iman kami tetap kuat dan tidak goyah.

Bukan hal baru bagi umat Kristen menghadapi sepak terjang ajaran sesat seperti saksi Yehova, kristen science ataupun gereja mormon. Namun yang kami lakukan adalah tetap waspada dan memperingatkan kepada umat Kristen agar jangan sampai terjebak untuk masuk ke dalam ajaran yang salah.

Bukankah sebenarnya apa yang dialami umat Kristen juga sama dengan umat Islam? Sama-sama ada ajaran sesat yang menyatakan diri Kristen atau Islam. Solusinya cukup memperkuat iman diri sendiri dan memperingatkan umat yang lain agar waspada dan tidak terjebak ajaran sesat. Tidak perlu menyerbu, mengusir apalagi membunuh.

Saya percaya banyak umat Islam yang berpikiran maju dan tidak mudah terporvokasi. Namun segelintir umat Islam yang melakakukan kekerasa terhadap pihak lain sungguh mengkhawatirkan dan dapat merusak kerukunan bangsa. Saya hanya ingin bangsa ini rukun dan damai. Jangan hanya karena persoalan agama, kita memusuhi saudara sebangsa. Perang fisik dan kekerasan tidak akan menyelesaikan masalah dan hanya menimbulkan kerugian.

Demikian pendapat pribadi saya tentang penyerbuan terhadap warga Ahmadiyah. Mari kita tingkatkan iman dan keyakinan kita agar tidak mudah jatuh ke dalam ajaran sesat. Jauhi kekerasan dan hadapi setiap persoalan dengan damai.

Be blessed 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s